Ulangan
Akhir Semester (UAS) atau mungkin di beberapa sekolah ada yang menyebutnya
dengan nama Penilaian Akhir Semester (PAS) dilaksanakan setelah menyelesaikan
setengah dari kompetensi dasar (KD) yang dibelajarkan di jenjang kelas
tersebut.
Penyusunan
soal penilaian tengah semester ini pada umumnya disusun secara berkelompok oleh
para guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG). Dengan adanya
kelompok ini, maka koordinasi penyusunan soal bisa berjalan dengan baik dan
juga kompetensi guru dalam menyusun soal akan semakin terasah.
Sebelum
menyusun soal untuk tengah semester, maka diperlukan kisi-kisi soal. Pembuatan
kisi-kisi soal harus memperhatikan kompetensi dasar (KD) yang dibelajarkan pada
jenjang kelas tersebut.
Berikut ini Kisi-kisi
PAS Mata Pelajaran Fiqih Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013
KISI-KISI PENULISAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
MADRASAH IBTIDAIYAH KABUPATEN INDRAMAYU
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata Pelajaran :
Fikih AlokasiWaktu : 90
menit
Kelas :
I (satu) JumlahSoal : 30 soal
Kurikulum :
2013
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
BENTUK SOAL
|
NO.
SOAL
|
1
|
3.1
Memahami
rukun Islam
|
Rukun Islam
|
Siswa dapat menentukan
jumlah rukun Islam
|
PG
|
1
|
Siswa dapat menentukan
rukun Islam yang ketiga
|
PG
|
2
|
|||
Siswa dapat menentukan
balasan bagi orang yang melaksanakan rukun Islam
|
PG
|
3
|
|||
Siswa dapat menentukan
jumlah rokaat salat subuh
|
PG
|
4
|
|||
Siswa dapat menentukan
bulan pelaksanaan puasa wajib
|
PG
|
5
|
|||
Siswa dapat menentukan
orang yang berhak menerima zakat
|
PG
|
6
|
|||
Siswa dapat menyebutkan
jumlah salat fardu sehari semalam sebagai begian dari rukun Islam
|
Isian singkat
|
21
|
|||
Siswa dapat menyebutkan
kewajiban haji bagi orang yang mampu sebagai begian dari rukun Islam
|
Isian singkat
|
22
|
|||
2
|
3.2
Memahami
syahadatain
|
Syahadatain
|
Disajikan
lafal syahadat, siswa dapat menentukan nama istilahnya
|
PG
|
7
|
Siswa dapat menentukan
bahwa syahadat adalah rukun Islam yang pertama
|
PG
|
8
|
|||
Siswa dapat menentukan
jumlah kalimat syahadat
|
PG
|
9
|
|||
Siswa dapat menentukan
lafal kalimat syahadat tauhid
|
PG
|
10
|
|||
Disajikan
uraian, siswa dapat menentukan arti kalimat syahadat rasul
|
PG
|
11
|
|||
Siswa dapat
menentukan lanjutan lafal kalimat syahadat rasul
|
PG
|
12
|
|||
Disajikan
uraian syahadat, siswa dapat menyebutkan syahadat rasul
|
Isian singkat
|
23
|
|||
Disajikan
uraian terjemah syahadat tauhid, siswa dapat melanjutkannya
|
Isian singkat
|
24
|
|||
Disajikan
uraian terjemah syahadat rasul, siswa dapat melengkapinya
|
Isian singkat
|
25
|
|||
3
|
3.3
Memahami
kaifiyah bersuci dari hadas dan najis
|
Kaifiyah
bersuci dari hadas dan najis
|
Siswa dapat menentukan
arti taharah
|
PG
|
13
|
Siswa dapat menentukan
salah satu manfaat dari menjaga kebersihan
|
PG
|
14
|
|||
Siswa dapat menentukan
jumlah macam-macam najis
|
PG
|
15
|
|||
Disajikan
uraian, siswa dapat menentukan contoh najis ringan
|
PG
|
16
|
|||
Siswa dapat menentukan
lanjutan dari kalimat “Kebersihan itu sebgaian dari iman”
|
PG
|
17
|
|||
Siswa dapat menentukan
keharusan bersuci dari hadas dan najis sebelum salat
|
PG
|
18
|
|||
Siswa dapat menentukan
contoh najis berat
|
PG
|
19
|
|||
Siswa dapat menentukan
hal yang sebaiknya dilakukan sebelum masuk kamar mandi
|
PG
|
20
|
|||
Siswa dapat menyebutkan
cara bersuci dari najis berat
|
Isian singkat
|
26
|
|||
Disajikan
contoh najis, siswa dapat menyebutkan najis mutawasithah / najis pertengahan
|
Isian singkat
|
27
|
|||
Disajikan
uraian do’a, siswa dapat menyebutkan do’a sebelum masuk kamar mandi / WC
|
Isian singkat
|
28
|
|||
Siswa dapat menyebutkan
larangan menghadap kiblat ketika sedang buang air
|
Isian singkat
|
29
|
|||
Siswa dapat menyebutkan
kegunaan wudhu untuk menghilangkan hadas kecil
|
Isian singkat
|
30
|
Demikian yang bisa kami sampaikan semoga dengan adanya kisi-kisi PAS ini kita bisa membantu para siswa dalam mempersiapkan UAS/PAS nanti.