Ulangan
Akhir Semester (UAS) atau mungkin di beberapa sekolah ada yang menyebutnya
dengan nama Penilaian Akhir Semester (PAS) dilaksanakan setelah menyelesaikan
setengah dari kompetensi dasar (KD) yang dibelajarkan di jenjang kelas
tersebut.
Penyusunan
soal penilaian tengah semester ini pada umumnya disusun secara berkelompok oleh
para guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG). Dengan adanya
kelompok ini, maka koordinasi penyusunan soal bisa berjalan dengan baik dan
juga kompetensi guru dalam menyusun soal akan semakin terasah.
Sebelum
menyusun soal untuk tengah semester, maka diperlukan kisi-kisi soal. Pembuatan
kisi-kisi soal harus memperhatikan kompetensi dasar (KD) yang dibelajarkan pada
jenjang kelas tersebut.
Berikut ini Kisi-kisi
PAS Mata Pelajaran Fiqih Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
MADRASAH IBTIDAIYAH
KABUPATEN INDRAMAYU
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata
Pelajaran : Akidah Akhlak
|
Bentuk
soal : Pilihan Ganda : 20
|
Kelas : I ( satu )
|
Isian :
10
|
Kurikulum : 2013
|
Uraian : -
|
No.
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk
|
Nomor
|
||
Soal
|
Soal
|
|||||||
1
|
3
|
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. |
3.1
|
Mengenal enam rukun iman.
|
Jumlah Rukun Iman
|
Siswa dapat megidentifikasi jumlah Rukun Iman
|
PG
|
1
|
Siswa dapat menemutunjukkan Rukun Iman yang ke 2
|
PG
|
2
|
||||||
Siswa dapat menemutunjukkan Rukun Iman yang terakhir
|
PG
|
3
|
||||||
Rukun Iman yang pertama ( Syahadat
|
Siswa dapat megidentifikasi jumlah kalimat syahadat
|
PG
|
4
|
|||||
Siswa dapat menemukan makna dari syahadat
|
PG
|
5
|
||||||
Siswa dapat menemukan kalimat Syahadat pada
shalat
|
PG
|
6
|
||||||
3.2
|
Mengenal dua kalimah syahadat
sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama. |
Makna Syahadat
|
Siswa dapat megidentifikasi makna syahadat Rasul
|
PG
|
7
|
|||
Disajikan arti dari syahadat Tauhid, siswa
dapat menyebutkan istilah dari makna tersebut
|
Isian
|
22
|
||||||
Siswa dapat menulis urutan syahadat pada Rukun Islam
|
Isian
|
23
|
||||||
Maam-macam Syahadat
|
Siswa dapat menulis istilah kalimat syahadat
|
Isian
|
21
|
|||||
3.3
|
Mengenal sifat-sifat Allah swt yang terkandung dalam
al-Asmaul Husna (al-Ahad dan al-Khaliq) melalui kisah Nabi Ibrahim a.s
mencari Tuhannya
|
Asmaul Husna al Ahad
|
siswa dapat menemukan arti kata dari Asmaul
Husna
|
PG
|
8
|
|||
siswa dapat menemukan jumlah Asmaul Husna
|
PG
|
9
|
||||||
siswa dapat menemukan makna kata dari Asmaul Husna Al Ahad
|
PG
|
10
|
||||||
Asmaul Husna al Khaliq
|
siswa dapat menemukan makna kata dari Asmaul Husna Al
Khaliq
|
PG
|
11
|
|||||
Siswa dapat megidentifikasi zaman masa nabi Ibrahim
|
PG
|
12
|
||||||
Siswa dapat menemukan sesuatu yang ditentang oleh Nabi
Ibrahim
|
PG
|
13
|
||||||
3.4
|
Memahami perilaku akhlakterpuji hidup bersih, kasih
sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari.
|
Hidup Bersih
|
siswa dapat menemukan kata bahwa kebersihan itu sebagian
dari pada Iman
|
PG
|
14
|
|||
siswa dapat menemukan kata yang harus dilakukan dalam
kebersihan
|
PG
|
15
|
||||||
siswa dapat menemukan kata tentang tindakan
pada sampah
|
PG
|
16
|
||||||
Siswa dapat menulis sikap kalau ada sampah
berserakan
|
Isian
|
24
|
||||||
Siswa dapat menulis bahwa kebersihan itu sebagian dari
Iman
|
Isian
|
25
|
||||||
Kasih Sayang
|
Siswa dapat menemukan seseorang yang
mendidik kita di sekolah
|
Isian
|
26
|
|||||
Siswa dapat menemukan seseorang yang mendidik kita di
rumah
|
Isian
|
27
|
||||||
Hidup Rukun
|
siswa dapat menemukan kata yang harus dilakukan pada
teman yang akan berkelahi
|
PG
|
17
|
|||||
3.5
|
Memahami adab mandi dan berpakaian.
|
Adab mandi dan berpakaian
|
siswa dapat menemukan kata yang harus dilakukan akan
memasuki kamar mandi
|
PG
|
18
|
|||
Siswa dapat menulis adab memakai baju
|
Isian
|
28
|
||||||
3.6
|
Menjelaskan akhlak tercela hidup kotor dalam kehidupan
seharihari dan cara menghindarinya.
|
Akhlaq tercela
|
siswa dapat menemukan akibat dari akhlak terela
|
PG
|
19
|
|||
siswa dapat mengidentifikasi sikap membuang sampah
sembarangan
|
PG
|
20
|
||||||
siswa dapat menulis kriteria akhlak membuang sampah
sembarangan
|
Isian
|
29
|
||||||
siswa dapat menulis sikap setan terhadap orang yang
berakhlak tercela
|
Isian
|
30
|
Demikian
yang bisa kami sampaikan semoga dengan adanya kisi-kisi PAS ini kita bisa
membantu para siswa dalam mempersiapkan UAS/PAS nanti.