Ulangan Akhir Semester (UAS) atau mungkin di beberapa sekolah ada yang menyebutnya dengan nama Penilaian Akhir Semester (PAS) dilaksanakan setelah menyelesaikan setengah dari kompetensi dasar (KD) yang dibelajarkan di jenjang kelas tersebut.
Penyusunan soal penilaian tengah semester ini pada umumnya disusun secara berkelompok oleh para guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG). Dengan adanya kelompok ini, maka koordinasi penyusunan soal bisa berjalan dengan baik dan juga kompetensi guru dalam menyusun soal akan semakin terasah.
Sebelum menyusun soal untuk tengah semester, maka diperlukan kisi-kisi soal. Pembuatan kisi-kisi soal harus memperhatikan kompetensi dasar (KD) yang dibelajarkan pada jenjang kelas tersebut.
Berikut ini Kisi-kisi PAS Mata Pelajaran Fiqih Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013
KISI- KISI PENILAIAN AKHIR
SEMESTER GANJIL MADRASAH IBTIDAIYAH
|
MATA PELAJARAN AQIDAH
AKHLAK
|
KELAS II (DUA)
|
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KURIKULUM
|
: Kurtilas
|
|
BENTUK SOAL a. Pilihan Ganda
|
: 20
|
|
ALOKASI
WAKTU
|
: 90 Menit
|
|
b. Isian
|
: 10
|
|
JUMLAH
SOAL
|
: 30 Soal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No.
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk
|
Nomor
|
Soal
|
Soal
|
1
|
3
|
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara
mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan
benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan
di sekolah.
|
3.1
|
Mengetahui kalimat tayyibah
(Hamdalah).
|
Bacaan Hamdalah
|
Siswa dapat megidentifikasi tulisan bacaan hamdalah
|
PG
|
1
|
Siswa dapat menemukan istilah lain kalimat hamdalah
|
PG
|
2
|
Siswa dapat mengidentifikasi sebagai kalimat thayyibah "
hamdalah "
|
PG
|
3
|
Makna kalimat Hamdalah
|
Siswa dapat menemukan makna bacaan tahmid
|
PG
|
4
|
Siswa dapat menemukan kalimat pujian kepada Allah
|
PG
|
5
|
Siswa dapat megidentifikasi tulisan lafazh
اَلْحَمْدُ
لِلَّه
|
PG
|
6
|
Siswa dapat menemukan banyaknya mengucapkan hamdalah
|
PG
|
7
|
Siswa dapat megidentifikasi saat yang tepat mengucapkan hamdalah
|
PG
|
8
|
3.2
|
Mengenal sifat-sifat Allah swt.
yang terkandung dalam al-Asma’
al-Husna (ar-Razzaq, al-Hamid,
dan asy-Syakur).
|
Asmaul Husna ar Razzaq
|
Siswa dapat mengidentifikasi arti asmaul husna
الرَّزَّاقُ
|
PG
|
9
|
Siswa dapat menuliskan arti asmaul husna
الرَّزَّاقُ
|
isian
|
25
|
Asmaul Husna al Hamid
|
Siswa dapat mengidentifikasi arti asmaul husna
اَلْحَمِيْدُ
|
PG
|
10
|
siswa dapat menuliskan Dzat yang berhak dipuji
|
isian
|
21
|
siswa dapat menuliskan contoh ucapan pujian
|
isian
|
22
|
siswa dapat menuliskan manfaat bagi hati kalau membaca hamdalah
|
isian
|
23
|
Disajikan uraian arti Asmaul Husna, siswa dapat menyebutkan
maknanya
|
isian
|
26
|
Asmaul Husna asy-Syakur
|
Siswa dapat mengidentifikasi arti asmaul husna
اَلشَّكُوْر
|
PG
|
11
|
Siswa dapat mengidentifikasi makna dari nama-nama Allah yang
baik
|
isian
|
24
|
siswa dapat menuliskan jumlah Asmaul Husna
|
isian
|
25
|
3.3
|
Mengenal
Allah swt. melalui dalil
aqli.
|
Dalil Aqli adanya Allah
|
siswa dapat menemutunjukkan Dzat yang denganNYA adanaya alam
semesta
|
PG
|
13
|
3.4
|
Memahami
sikap syukur nikmat,
hidup sederhana, dan rendah hati
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Sikap syukur Ni'mat
|
Siswa dapat menemukan ucapan kalimat sikap terhadap Allah
|
PG
|
12
|
Hidup Sederhana
|
siswa
dapat menuliskan lawan dari sifat sederhana
|
isian
|
29
|
Rendah Hati
|
Siswa
dapat menemutunjukkan persamaan dari sifat Tawadhu'
|
PG
|
20
|
3.5
|
Mengetahui adab ketika bersin dalam kehidupan sehari-hari.
|
adab ketika bersin dalam kehidupan sehari-hari.
|
Siswa
dapat menemukan kalimat yang diucapkan saat bersin
|
PG
|
14
|
Siswa dapat mengidentifikasi arti dari
يَرْحَمُكَ
اللهُ
|
PG
|
15
|
Siswa
dapat menemukan arah memalingkan muka saat bersin
|
PG
|
16
|
Siswa
dapat menuliskan jawaban orang yang bersin
|
isian
|
28
|
3.6
|
Menjelaskan sikap sombong dan cara menghindarinya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Sikap Sombong
|
Siswa dapat mengidentifikasi sifat sombong pada jenis akhlak
|
PG
|
17
|
Siswa dapat mengidentifikasi persamaan sifat sombong
|
PG
|
18
|
Siswa
dapat menemutunjukkan dampak orang yang sombong
|
PG
|
19
|
siswa
dapat menuliskan akibat dari sifat sombong
|
isian
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|