Friday, September 28, 2018

KISI-KISI PAS AKIDAH AKHLAK KELAS 2 MI KURIKULUM 2013


Ulangan Akhir Semester (UAS) atau mungkin di beberapa sekolah ada yang menyebutnya dengan nama Penilaian Akhir Semester (PAS) dilaksanakan setelah menyelesaikan setengah dari kompetensi dasar (KD) yang dibelajarkan di jenjang kelas tersebut.

akidah akhlak kurikulum 2013


Penyusunan soal penilaian tengah semester ini pada umumnya disusun secara berkelompok oleh para guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG). Dengan adanya kelompok ini, maka koordinasi penyusunan soal bisa berjalan dengan baik dan juga kompetensi guru dalam menyusun soal akan semakin terasah.

Sebelum menyusun soal untuk tengah semester, maka diperlukan kisi-kisi soal. Pembuatan kisi-kisi soal harus memperhatikan kompetensi dasar (KD) yang dibelajarkan pada jenjang kelas tersebut.

Berikut ini Kisi-kisi PAS Mata Pelajaran Fiqih Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013

KISI- KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MADRASAH IBTIDAIYAH
MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK
KELAS II (DUA)
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
KURIKULUM
: Kurtilas
BENTUK SOAL       a. Pilihan Ganda        
: 20
ALOKASI WAKTU
: 90 Menit
                             b. Isian                    
: 10
JUMLAH SOAL
: 30 Soal
No.
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Bentuk
Nomor
 Soal
Soal
1
3
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara
mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan
benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan
di sekolah.
3.1
Mengetahui kalimat tayyibah
(Hamdalah).
Bacaan Hamdalah
Siswa dapat megidentifikasi tulisan bacaan hamdalah
PG
1
Siswa dapat menemukan istilah lain kalimat hamdalah
PG
2
Siswa dapat mengidentifikasi sebagai  kalimat thayyibah " hamdalah "
PG
3
Makna kalimat Hamdalah
Siswa dapat menemukan makna bacaan tahmid
PG
4
Siswa dapat menemukan kalimat pujian kepada Allah
PG
5
Siswa dapat megidentifikasi tulisan lafazh اَلْحَمْدُ لِلَّه
PG
6
Siswa dapat menemukan banyaknya mengucapkan hamdalah
PG
7
Siswa dapat megidentifikasi saat yang tepat mengucapkan hamdalah
PG
8
3.2
Mengenal sifat-sifat Allah swt.
yang terkandung dalam al-Asma’
al-Husna (ar-Razzaq, al-Hamid,
dan asy-Syakur).
Asmaul Husna ar Razzaq
Siswa dapat mengidentifikasi arti asmaul husna الرَّزَّاقُ 
PG
9
Siswa dapat menuliskan arti asmaul husna الرَّزَّاقُ 
isian
25
Asmaul Husna al Hamid
Siswa dapat mengidentifikasi arti asmaul husna اَلْحَمِيْدُ  
PG
10
siswa dapat  menuliskan Dzat yang berhak dipuji
isian
21
siswa dapat  menuliskan contoh ucapan pujian
isian
22
siswa dapat  menuliskan manfaat bagi hati kalau membaca hamdalah
isian
23
Disajikan uraian arti Asmaul Husna, siswa dapat menyebutkan maknanya
isian
26
Asmaul Husna asy-Syakur
Siswa dapat mengidentifikasi arti asmaul husna اَلشَّكُوْر   
PG
11
Siswa dapat mengidentifikasi makna dari nama-nama Allah yang baik
isian
24
siswa dapat  menuliskan jumlah Asmaul Husna
isian
25
3.3
Mengenal Allah swt. melalui dalil
aqli.
Dalil Aqli adanya Allah
siswa dapat menemutunjukkan  Dzat yang denganNYA adanaya alam semesta
PG
13
3.4
Memahami sikap syukur nikmat,
hidup sederhana, dan rendah hati
dalam kehidupan sehari-hari.
Sikap syukur Ni'mat
Siswa dapat menemukan ucapan kalimat sikap terhadap  Allah
PG
12
Hidup Sederhana
siswa dapat menuliskan lawan dari sifat sederhana
isian
29
Rendah Hati
Siswa dapat menemutunjukkan persamaan dari sifat Tawadhu'
PG
20
3.5
Mengetahui adab ketika bersin dalam kehidupan sehari-hari.
 adab ketika bersin dalam kehidupan sehari-hari.
Siswa dapat menemukan kalimat yang diucapkan saat bersin
PG
14
Siswa dapat mengidentifikasi arti dari يَرْحَمُكَ اللهُ    
PG
15
Siswa dapat menemukan arah memalingkan muka saat bersin
PG
16
Siswa dapat menuliskan jawaban orang yang bersin
isian
28
3.6
Menjelaskan sikap sombong dan cara menghindarinya dalam kehidupan sehari-hari.
Sikap Sombong
Siswa dapat mengidentifikasi sifat sombong pada jenis akhlak
PG
17
Siswa dapat mengidentifikasi persamaan sifat sombong 
PG
18
Siswa dapat menemutunjukkan dampak orang yang sombong
PG
19
siswa dapat menuliskan akibat  dari sifat  sombong
isian
30
 Demikian yang bisa kami sampaikan semoga dengan adanya kisi-kisi PAS ini kita bisa membantu para siswa dalam mempersiapkan UAS/PAS nanti.